Minggu, 05 Mei 2013 - 09:51:28 WIB
Lokasi di Pasarminggu dan Kebayoranlama PD.Pasar Jaya Siapkan Tempat Usaha Bagi PKL
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Populer - Dibaca: 244 kali

JAKARTA, PROGRESIF JAYA.com - Keberadaan PKL (Pedagang Kaki Lima) di sekitar wilayah Pasar Minggu dan Kebayoran lama yang kerap berjualan secara liar disekitar lahan untuk fasilitas umum seperti pinggir jalanan, areal taman, kolong jalan layang  (Fly Over) dan lainnya. Selain membuat kawasan terkesan kumuh, semrawut, mengganggu kepentingan umum dan sosial serta satu pelanggaran besar terhadap aturan hukum.

“Adanya PKL yang berjualan di bahu jalan atau di pinggir jalan raya membuat  kawasan sekitar Pasar Minggu, kerap dihiasi warna kesemrawutan, kumuh. Bahkan kerap pula menimbulkan kemacetan arus lulintas. Demikian pula dengan fasilitas umum dan sosial sekitar area taman terbuka termasuk di sekitar Fly Over (FO) kolong jalanan di wilayah Kebayoranlama.Semuanya diupayakan  bisa masuk ke dalam area Pasar Tradisional untuk berjualan dengan menggunakan saranaprasana pasar yang dikelola PD.Pasar Jaya”, kata, Plt Walikota Jakarta Selatan, H.Syamsoedin Noor.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini seluruh jajaran dan instansi terkait  dilingkungan Pemerintah Kota Administrtasi terus lakukan negosiasi serta  pendekatan secara kekeluargaan kepada PKL di dua wilayah. Termasuk musyawarah serta negosisasi dengan unsur perwakilan PKL agar mau dan bisa masuk ke dalam area pasar yang dikelola PD.Pasar Jaya dalam melakukan kegiatan ekonomni atau usaha  jual belinya dan tidak lagi berjualan disekitar kawasan terlarang, tutur, Plt Waliota Jaksel.

 “Pedagang dan lapak PKL di Pasar Minggu yang terdata jumlahnya mencapai 705 orang. Dari sejumlah itu sudah  ada 185 orang pedagang masuk area pasar yang dikelola PD.Pasar Jaya, melakukan kegiatan ekonomi, usaha jual beli berjualan dengan baik dan benar kedalam Pasar Tradisonal dibawah pengelolaan PD.Pasar Jaya, yakni di Blok C Lantai I. Demikian bagi PKL di wilayah Kebayoranlama, pihak PD.Pasar Jaya menyediakan lokasi usahanya di lantai II. Sudah masuk sejumlah 122 pedagang terdata, melakukan kegiatan ekonomi dan usahanya lebih baik kedalam  pasar tradisional dibawah pengelolaan  PD.Pasar Jaya”, terangnya lagi.

Ditambahkan Syamsuddin, lapak bekas PKL di wilayah Kebayoranlama yang berada di kolong jalan layang (FO) sudah terpasang  plang, sebagai tanda larangan agar jangan mengisi, menggunakan dan memanfaatkan lokasi kawasan taman sebagai tempat berjualan. Pagar taman yang rusak akan segera diperbaiki ,dan mengembalikan fungsinya sebagai area taman kota terbuka, imbuhnya.               

Pemerintah selalu memfasilitasi PKL agar mau masuk ke dalam pasar yang dikelola PD Pasar Jaya. Terlebih dengan adanya  keinganan dari mereka bersedia pindah. “Enam bulan pertama akan digratiskan biaya sewa. Bahkan mempunyai kesempatan untuk menjadi pedagang formal melalui surat yang dikeluarkan pihak PD Pasar Jaya," tandasnya.

Kesulitan Cari Lahan

Sebelumnya Kepala Sudin Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Selatan, Hj.Nurjannah menyebutkan bahwa,  keberadaan  PKL di wilayah Jakarta Selatan semakin merajalela menggelar usaha dan dagangannya di tempatyang bukan semestinya. Terlebih lagi upaya penataan yang dilakukan Pemkot di Jaksel, selama ini selalu terkendala dalam pengadaan lahan. Seiring lahan yang sedianya lokasi PKL tentunya harus memenuhi aspek ekonomis.

Pihaknya,  masih mencari titik mana yang bisa dijadikan area bagi PKL di Jakarta Selatan. Dan tentunya lokasi itu yang tepat dan tidak merugikan mereka, termasuk   tidak mengganggu ketertiban umum seperti halnya lalu lintas.

 “ Pihaknya masih kesulitan mencari lahan yang bisa memenuhi aspek ekonommis dari sisi pedagang. Karena sejauh ini beberapa lahan yang ada dan menjadi target, letaknya dianggap tidak strategis oleh PKL. Ada beberapa lahan yang sudah kita lihat, tapi memang menurut para pedagang itu tidak strategis dan malah dianggap merugikan mereka," papar, Nurjannah

Dikatakan, Hj.Nurjannah,  untuk titik PKL yang ada di Jaksel mayoritas berada  dekat  disekitar pasar besar, sekitar terminal dan stasiun kereta api. "Mereka kan inginnya menjemput para calon pembelinya. Banyak lokasi PKL yang sering ditertibkan selama ini, seperti di sekitar Pasar Cipulir, Pasarminggu, dan Kebayoranlama," tukasnya.

Berdasarkan data dari instansi terkait hingga akhir 2012 terdapat  sejumlah  2.608 titik lokasi rawan PKL, tersebar di wilayah Jakarta Selatan, sejumlah 1.287 titik lokasi rawan itu, telah dilakukan penataan. Termasuk yang ada di dua wilayah seperti Pasar Minggu dan Kebayoran lama. (Sep)  

 




13 Komentar :

kisah nyata yang mengharukan
25 April 2014 - 11:09:53 WIB

semoga bermanfaat dan sukses selalu buat para pedgangnya
http://cinta009.blogspot.com/

obat tradisional ambeien
29 April 2014 - 20:09:48 WIB

terimakasih infonya gan !
http://goo.gl/qEdcjq | http://goo.gl/LuX8VW | http://goo.gl/3S6Yxh | http://goo.gl/nN9tLz | http://bit.ly/1j2mJDm | http://wp.me/p4zzW9-2A | http://goo.gl/1plCOI
Film Semi
24 Agustus 2014 - 16:04:31 WIB

Dari sekian banyak
informasi yang selalu saya datangi, baru kali ini saya menemukan info yang sangat bagus.
Kata-kata yang digunakan pun
ringan untuk dicerna untuk pembaca, baik yang
masih awam ataupun yang telah pinter. Setelah memahami web
ini, kita bisa mengambil kesimpulan sendiri dan informasi ini
telah membuka otak aku bahwa apa yang seharusnya aku kerjakan selanjutnya.
Doa kita Semoga para pembaca lain juga mendapatkan Post ini supaya dia juga memiliki ide seperti yang saya

alami. Mohon ijin untuk membagikan ya.., dan kalau longgar
silahkan mampir juga di blog kita di
http://goo.gl/tgR4d5 .
spelautomater online
23 September 2014 - 23:25:30 WIB


Wow, awesome weblog structure! How long have you ever been running a blog for? you make blogging glance easy. The total look of your website is excellent, let alone the content material!

Protein
25 September 2014 - 10:36:43 WIB

Woah! I'm really loving the template/theme of this website. It's simple, yet effective. A lot of times it's tough to get that "perfect balance" between user friendliness and appearance. I must say that you've done a superb job with this. Additionally, the blog loads very fast for me on Firefox. Outstanding Blog!


usuwanie zmarszczek bydgoszcz
01 Oktober 2014 - 13:25:40 WIB

Hiya, I am new to blogging and websites in general and was wondering how you got the "www" included in your web address name? I see your web address, has the www and my web address looks like. Do you know the best way I can change this? I'm using Wordpress. Appreciate it

dermatolog dziecięcy bydgoszcz
01 Oktober 2014 - 13:28:10 WIB

Hello! This is kind of off topic but I need some help from an established blog. Is it very hard to set up your own blog? I'm not very techincal but I can figure things out pretty fast. I'm thinking about setting up my own but I'm not sure where to begin. Do you have any points or suggestions? Thanks


biuro tłumaczeń bydgoszcz
04 Oktober 2014 - 16:42:11 WIB

Do you mind if I quote a few of your posts as long as I provide credit and sources back to your blog? My blog site is in the exact same niche as yours and my users would definitely benefit from some of the information you provide here. Please let me know if this ok with you. Thanks a lot!
. Read my website: http://tlumaczenia-bydgoszcz.com

keratiini
05 Oktober 2014 - 00:23:56 WIB

Na całokształt gruntownie murzynka pożądaj opalona
proteiinipitoinen ruokavalio
05 Oktober 2014 - 00:24:47 WIB

Niewątpliwej odległosci. Plus przyjacielskimi. Wskazując aktualną rzecz
<< First | < Prev | 1 | 2 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 





Seluruh Wartawan/i PJ, Pusat dan Daerah


Wartawan/i Beserta Big Bos PJ

Acara Syukuran HUT SKM PROGRESIF JAYA ke-13 Tahun di Resto Bandar Betawi Jakarta Utara, Tanggal 16 Juni, 2013
HUT SKM PROGRESIF JAYA ke-13




Tampilan Koran PROGRESIF JAYA


www.progresifjayanews.com