Jumat, 10 Mei 2013 - 18:58:47 WIB
Jelang Pemilu,Polda Jabar Tekan Angka Premanisme
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Jabar - Dibaca: 277 kali

BANDUNG, PROGRESIF JAYA.com - Bertempat di Lapangan Upacara Mapolda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung, Rabu (8/5), digelar Apel Kesiapan Operasi Terpadu Penanggulangan Premanisme di wilayah hukum Polda Jabar. Operasi dilaksanakan mengingat permasalahan premanisme sangat komplek, sehingga diperlukan koordinasi dan kerjasama sinergis dalam penanggulangganya.

            Apel diikuti oleh anggota TNI, Polri, Denpom TNI, Dishub, Kejaksaan dan Sat Pol PP Jabar, dengan dipimpin oleh Gubernur Jabar yang diwakili  Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar, Soemarno, SH.

            Hadir dalam kesempatan tersebut ,Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Tb Anis Angkawijaya, M.Si., Kasdam III Siliwangi dan Ketua DPRD Jabar dengan tema,  ”Melalui Operasi Terpadu Penanggulangan Premanisme, Kita Wujudkan Jawa Barat yang Aman dan Tentram, Dalam Rangka Mendukung Pengamanan Pemilu tahun 2014”.

            Gubernur Jabar dalam sambutannya yang disampaikan Kajati Jabar  mengapresiasi, atas upaya Kapolda beserta aparat stake holders Jawa Barat dan jajarannya, yang telah bersinergis dan berkomitmen dalam upaya penanggulangan premanisme di Jawa Barat ini.

            “Sebagaimana kita maklumi bersama, bahwa masalah keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, adalah suatu tatanan kondisi dalam masyarakat, yang harus senantiasa diwujudkan. Sehingga berbagai kegiatan pemerintahan, pembangunan, pendidikan, dunia usaha dan kegiatan masyarakat lainnya, dapat dilaksanakan dengan aman, tertib dan lancer,”kata gubernur dalam sambutan tertulisnya tersebut.

            Dalam kaitan ini, walaupun masalah keamanan dan ketertiban merupakan porsi dan tugas pokok Polri dalam pemeliharaannya, namun mengingat permasalahan kamtibmas yang sedemikian kompleks dan keterbatasan yang ada pada Polri, maka sebagai aparat stake holders, tentunya memiliki perangkat, serta tugas dan kewajiban untuk turut serta dalam mewujudkan situasi keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

             “Dengan demikian, diperlukan koordinasi dan kerjasama bagi aparat stake holders dan jajarannya, untuk mampu meniadakan segala bentuk potensi ancaman dan gangguan keamanan, sehingga akan terwujud situasi yang aman, damai dan tentram,” kata gubernur.

            Pada dasarnya, premanisme dan kejahatan jalanan merupakan fenomena gunung es permasalahan sosial, sebagai tindak kejahatan yang disebabkan oleh beberapa faktor yang muncul di permukaan. Diakuinya, bahwa permasalahan ekonomi, pendidikan, lapangan pekerjaan dan pemerataan pembangunan, merupakan beberapa faktor penyebab maraknya aksi premanisme , disamping juga karena faktor perilaku, serta kurangnya kesadaran dan kepatuhan hukum.

            Untuk itu, pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten se-Jawa Barat, senantiasa berupaya meningkatkan sarana dan ketersediaan lapangan kerja bagi masyarakat, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga apabila masyarakat telah makmur dan sejahtera, maka diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat, yang tentunya diharapkan akan meningkatnya kesadaran dan kepatuhan hukum.

            Misi dan target yang diharapkan dalam operasi terpadu tersebut adalah, diharapkan pada tahun 2013, secara bertahap dapat diminimalisir terjadinya aksi premanisme di Jawa Barat, dan bagi para pelakunya dapat dibina dan didik dengan keterampilan sesuai dengan potensinya.

             Para preman yang terjaring dalam operasi terpadu ini, nantinya akan dilaksanakan pembinaan selama kurang lebih  satu minggu di Didik Bela Negara Rindam III/Siliwangi, dimana mereka akan dididik dan dibekali pengetahuan, seperti tentang bela negara, hukum dan perundang-undangan, keterampilan wira usaha, serta penelusuran bakat dan potensinya, sehingga para preman ini dapat kembali menjalani aktivitas dengan baik.

            “Harapan  kita semua, pada tahun 2014 mendatang, Jawa Barat akan terbebas dari aksi premanisme. Hal ini juga merupakan salah satu cipta kondisi, menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2014,” ujarnya. (Pur)


 

 

 

 

 

 

 




13 Komentar :

Jam Tangan
07 Desember 2013 - 13:12:54 WIB

sukses selalu ya, webnya sangat informatif sekali.

Jam Replika
07 Desember 2013 - 13:17:32 WIB

informasi yang di berikan sangat bagus dan bermanfaat untuk kita semua

Jam Kw
07 Desember 2013 - 13:22:52 WIB

beritanya sangat bagus dan sangat menarik

Jual Jam Tangan
07 Desember 2013 - 13:24:33 WIB

terimakasih atas informasi yang sudah diberikan dan salam sukses

Jam Tangan Online
07 Desember 2013 - 13:26:39 WIB

infonya sangat bagus dan menarik bagi saya

Jam Tangan Kw
07 Desember 2013 - 13:29:22 WIB

terima kasih informasinya sangat membantu saya

Jam Tangan Replika
07 Desember 2013 - 13:31:11 WIB

beritanya menarik sekali, di tunggu berita berikutnya

Jam Kw Super
07 Desember 2013 - 13:35:14 WIB

Info yang diberikan sangat bagus dan luar biasa

Jam Pria
07 Desember 2013 - 13:39:42 WIB

terima kasih sudah share, di tunggu informasi berikutnya

Jam Tangan Pria
07 Desember 2013 - 13:44:22 WIB

terima kasih telah berbagi informasi yang sangat menarik dan bermanfaat ini

<< First | < Prev | 1 | 2 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 





Seluruh Wartawan/i PJ, Pusat dan Daerah


Wartawan/i Beserta Big Bos PJ

Acara Syukuran HUT SKM PROGRESIF JAYA ke-13 Tahun di Resto Bandar Betawi Jakarta Utara, Tanggal 16 Juni, 2013
HUT SKM PROGRESIF JAYA ke-13




Tampilan Koran PROGRESIF JAYA


www.progresifjayanews.com